BLOG ini adalah karya pribadi saya. Karena itu mohon untuk TIDAK menggunakan/mengcopy/mengedit foto-foto yang ada di blog ini dan memanfaatkannya untuk keperluan komersial/umum tanpa ijin tertulis dari saya. Jika ingin mengcopy-paste isi maupun foto yang ada di blog ini untuk keperluan pribadi, diharapkan menyebutkan sumber dan link asal.

"JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal." (Sumber: JACP. http://anotherfool.wordpress.com/jacp/ )


Saturday, February 3, 2018

HEALTHY HOMEMADE PEANUT BUTTER / SELAI KACANG


Selai kacang merupakan salah satu sumber protein nabati yang sangat baik bagi tubuh kita, asalkan dikonsumsi secara moderat.
Banyak sekali merk selai kacang yang dijual di pasaran, namun sepertinya rata-rata menggunakan berbagai macam campuran, mulai dari minyak, bahan pengawet, bahan pengemulsi, dan sebagainya. Bahan-bahan tambahan yang tidak alami inilah yang tidak baik untuk kesehatan tubuh kita apabila dikonsumsi secara terus-menerus.
Banyak orang yang menghindari kacang-kacangan karena dianggap menyebabkan penyakit asam urat, padahal tidak selalu demikian. Beberapa bulan terakhir ini, aku justru hampir setiap hari mengkonsumsi selai kacang, namun tentunya diimbangi dengan makanan lain yang sehat dan bisa mengurangi kadar asam urat, dan yang paling penting adalah olahraga yang teratur.

Kalau dikonsumsi secara tepat, selai kacang justru cocok untuk diet, bukannya membuat gemuk. Perihal bagaimana mengkonsumsinya, manfaat-manfaatnya, dan bagaimana mencegah penyakit asam urat, silakan browsing sendiri yah... hehehehe...
Di sini aku akan menjelaskan cara membuat selai kacang yang sebetulnya amat sangat mudah, praktis, hanya membutuhkan kesabaran saja. Aku jamin hasil akhirnya akan jauh lebih enak daripada selai-selai kacang yang buatan pabrik, bahkan yang merk-merk terkenal sekalipun. Hasil homemade peanut butter ini akan terasa sangat creamy asli dari kacangnya. Sekali makan, dijamin akan ketagihan! (Kecuali kalau nggak doyan kacang.)


HEALTHY HOMEMADE PEANUT BUTTER
By: Irene Susianto

Cara Membuat:
- Belilah kacang tanah (tidak perlu yang dikupas kulit arinya).
- Bersihkan kotoran-kotoran atau bahan lain yang kadang tercampur di dalam kacang tanah ini.
- Cuci bersih terlebih dahulu, kemudian dijemur atau diangin-angin agar kering.
- Setelah itu siapkan oven dan loyang yang cukup untuk memanggang kacang ini. Biasanya aku beli 2 kg kacang tanah, dan untuk memanggangnya diletakkan di dalam 3 buah loyang 30X30 cm, dan dipanggang di oven tangkring ukuran 30cm.
- Panggang kacang tanah dengan api sedang agak kecil (kalau apinya terlalu besar akan cepat gosong, kalau terlalu kecil waktu memanggangnya akan sangat lama).
- Tiap 10-15 menit, pindah-pindahkan posisi loyang di dalam oven (atas / tengah / bawah), sembari sesekali kacang diaduk agar matangnya merata.
- Setelah kacang matang sempurna, matikan oven dan dinginkan kacang tersebut. Aku membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk tiap 2 kg kacang tanah.
- Setelah matang biasanya beratnya akan menyusut sekitar 10%.
- Setelah kacang dingin, masukkan ke dalam food processor dan jalankan food processor sekitar 10 menit. Pada tahap ini, kacang sudah akan menjadi adonan yang kental. Sebetulnya langsung dilanjut sampai jadi selai juga tidak masalah, hanya saja food processornya akan jadi panas, dan sebaiknya diistirahatkan dulu daripada rusak.
Tolong jangan bertanya kalau tidak ada food processor harus bagaimana. Silakan beli, atau coba dengan blender, atau diulek kalau merasa kuat.
- Tambahkan gula halus sesuai selera. Aku menggunakan gula pasir yang diblender sampai halus. Kalau menggunakan gula pasir langsung, gulanya akan sedikit kasar di akhir.
- Tambahkan garam sesuai selera juga.
- Jalankan lagi food processor selama 5 - 10 menit, atau sampai tingkat kehalusan selai yang diinginkan.

Beberapa catatan:

- Untuk sekitar 500 gram kacang tanah yang sudah dioven, bisa menggunakan 40-100 gram gula halus, tergantung selera. Garam yang digunakan cukup 1 sendok teh (bukan sendok untuk mengaduk minuman ya, tapi betul-betul sendok teh sesuai aturan baking).
- Yang paling sehat adalah jika tidak ditambahkan gula dan garam, namun sebagian besar orang akan kurang suka dengan rasanya.
- Tidak perlu menambahkan minyak, karena dari kacang itu sendiri akan keluar minyaknya, dan sudah cukup untuk membuat teksturnya licin dan seperti selai.
- Kalau suka yang kasar atau bertekstur crunchy, dikurangi saja waktu proses di dalam food processornya. Atau blender sedikit kacang tanah agar kasar, dan dicampurkan terakhir saat yang di dalam food processor sudah menjadi selai.
- Bagi yang suka model-model semacam Nutella, bisa ditambahkan cokelat bubuk, tentunya yang berkualitas baik, ke dalam food processor. Aku baru mau akan mencobanya, jadi belum tahu pastinya akan butuh berapa gram cokelat bubuk atau gula. Akan kuposting menyusul kemudian ya...
- Kacang tanah bisa diganti atau dicampur dengan almond atau kacang-kacangan jenis lain (asal bukan kacang panjang saja yah hahahaha...)
- Kalau malas membuatnya, pesan saja di bukalapak.com selai kacang buatanku yang seperti foto di atas tuh hehehehe.... ^_^


Sangat mudah kan? Dan yang pasti sehat dan asli tanpa bahan pengawet dan bahan tambahan yang aneh-aneh.


Selamat mencoba ^_^

2 comments:

  1. thank you for this amazing recipe, I tried making a can and it taste really great, thanks

    ReplyDelete