BLOG ini adalah karya pribadi saya. Karena itu mohon untuk TIDAK menggunakan/mengcopy/mengedit foto-foto yang ada di blog ini dan memanfaatkannya untuk keperluan komersial/umum tanpa ijin tertulis dari saya. Jika ingin mengcopy-paste isi maupun foto yang ada di blog ini untuk keperluan pribadi, diharapkan menyebutkan sumber dan link asal.

"JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal." (Sumber: JACP. http://anotherfool.wordpress.com/jacp/ )


Wednesday, April 30, 2014

CHURROS




Churros, mendengar namanya sepertinya cukup asing ya.... makanan apakah gerangan churros?? Ternyata kalau istilah bahasa Indonesianya, churros adalah kue sus goreng hehehehe....

Membuatnya sangat mudah, peralatan yang digunakan pun sangat sederhana, namun rasanya enaaaak sekali.... Snack yang satu ini bisa dijadikan alternatif untuk teman minum kopi pagi hari, atau teh sore hari, ataupun snack menjelang tidur di malam hari kalau lapar hahahaha.....

Langsung saja berikut ini resepnya:

CHURROS (KUE SUS GORENG)
by: Irene Susianto


Bahan:
200 ml air
125 gr margarine atau butter
150 gr tepung terigu protein sedang atau rendah
3 btr telur

1 sdt baking powder


Cara membuat:
- Masak air dan margarine/butter hingga mendidih, lalu masukkan terigu, aduk-aduk hingga menjadi adonan yang kalis, lalu angkat dan dinginkan.
- Masukkan baking powder dan telur satu persatu sambil dimixer hingga rata.
- Masukkan adonan kedalam plastik segitiga, lalu semprotkan adonan ke dalam minyak yang telah dipanaskan.

- Goreng dengan api kecil saja sampai matang dan kecoklatan.
- Penyajian: Bisa disajikan dengan taburan gula dingin, dicelupkan ke dalam DCC cair, atau ditaburi keju, meses dan SKM, atau bagi yang suka, bisa ditaburi bubuk kayu manis saja.... pokoknya suka-suka deh penyajiannya..... ^_^



Tuh kan mudah sekali membuatnya, tapi betul, rasanya sungguh enak..... garing di luar dan lembut di dalam. Lebih enak dinikmati saat hangat ya....


Adonan churros yang sudah dibuat, setelah dimasukkan ke dalam plastik segitiga, bisa disimpan di dalam kulkas, dan digoreng secukupnya saja sewaktu-waktu. Adonan didiamkan di suhu ruang dulu sampai tidak dingin baru digoreng. Jadi tidak perlu repot membuat adonan setiap kali ingin makan churros ini.
Adonan bisa tahan sekitar 1-2 minggu di dalam kulkas yang baik kondisinya.

Tunggu apa lagi, mari kita membuatnya ^_^ 

6 comments:

  1. agh, I don't understand anything but you made me sooo hungry! :)


    www.magdalenelondon.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Magdalene.... this is kinda like pastry choux, but you don't bake it, just deep fry it... ^_^
      It's very easy to make, boil 200ml water with 125 grams margarine or butter, then add 150 grams cake flour, stir well until mixture forms a ball. Let it cool, then add 1 tsp of baking powder and 3 whole eggs, mix them well. Put in a pastry bag. Fry until golden. You can serve it with cinnamon, icing sugar, rice chocolate & grated cheese.... Voila! Very simple and tasty... Hope you like it ^_^

      Delete
  2. Bu resepnya udah saya coba, hasilnya stlh digoreng dg api kecil smp coklat keemasan, kok rasanya berminyak banget y(orang jawa bilang: ngemuh lengo). Rasanya sih dah oke, lembut. knapa y bu? trus coba saya panggang, hasilnya kaya sus kering..enak,gurih bgt,begitu matang langsung ludes lho bu ama anakku .thx ya bu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm... salah di mananya ya... kadang bingung juga kalau dapat pertanyaan seperti ini hehehe.... Mungkin pada saat adonan digoreng minyaknya belum panas, atau mungkin bisa dicoba apinya sedikit dibesarkan. Churros ini, waktu itu saya ke Bali, dijual di salah satu Mall di tepi pantai Kuta, jadi makanan yang tampak mewah, padahal membuatnya mudah dan murah...
      Prinsipnya Churros memang adonan kue sus yang digoreng, jadi kalau dipanggang jadilah kue sus hehehe.... setidaknya malah jadi bisa membuat sus kering ya.... Atau dipanggang dengan api besar, sampai mengembang dan busanya hilang, lalu apinya dikecilkan, jadilah kue sus yang gurih... bisa diisi vla, atau dimakan dengan cocolan selai coklat hehehe.....
      Mudah-mudahan bisa membantu ya Niko... ^_^

      Delete
  3. pagiii...
    aku mau tanya deh adoanan churrosku kan berhasil nih, lalu aku masukin kedalam kulkas sisanya tapii.. setelah di masukan kulkas lalu digoreng kok malah bentuknya ga beraturan itu kenapa ya kira2 ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi ^_^
      Saya sering membuat adonan ini, lalu disimpan di kulkas. Waktu akan dipakai lagi, dibiarkan dulu sampai mencapai suhu ruang (tidak dingin lagi) baru digoreng. Apa mungkin waktu menggoreng kembali masih dingin ya, jadi adonannya kan agak keras dan "susah diatur"...

      Delete