BLOG ini adalah karya pribadi saya. Karena itu mohon untuk TIDAK menggunakan/mengcopy/mengedit foto-foto yang ada di blog ini dan memanfaatkannya untuk keperluan komersial/umum tanpa ijin tertulis dari saya. Jika ingin mengcopy-paste isi maupun foto yang ada di blog ini untuk keperluan pribadi, diharapkan menyebutkan sumber dan link asal.

"JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal." (Sumber: JACP. http://anotherfool.wordpress.com/jacp/ )


Monday, May 16, 2011

LAPIS MALANG PUTIH TELUR

Ini salah satu resep putih telur yang hasilnya menurutku enak dan cukup banyak menghabiskan putih telur hehehe....
Aku nggak tahu kenapa namanya lapis malang, bukan lapis surabaya, jadi jangan tanya padaku ya.... hihihihi....
Teksturnya agak padat, tapi lembut.
Pertama kali mencoba resep ini sih agak "mengunderestimatekan" karena bayanganku, cake panggang dari putih telur biasanya teksturnya agak "ngaret".
Ternyata hasilnya lumayan enak kok.... mungkin karena mentega kocoknya banyak jadi lembut....
Kalau stok putih telurnya berlimpah ruah, sekalian bikin 2 resep untuk ukuran loyang 30X30cm.
Aku sudah dua kali membuat cake ini, yang pertama menggunakan loyang 22cm, yang kedua kemarin menggunakan loyang 30cm tapi hanya 2 lapis saja. Untuk yang loyang 30cm ini, per lapisnya aku menggunakan 500g putih telur (bahan lainnya dikonversi sendiri ya). Lumayan langsung berkurang 1 kg hehehe.....
Oya jangan sampai lupa ya.... cake apa pun yang dipanggang, kalau ada coklat bubuknya, jangan lupa loyangnya dioles margarine/bahan pengoles loyang, lalu dialasi kertas roti, lalu olesi lagi. Jika tidak, cakenya akan lengkeeeett......
Dulu aku nggak tahu, kalau bikin bolu gulung/yang mengandung coklat nggak pernah pake kertas roti, jadinya selalu lengket deh, akhirnya rusak bentuknya hiks hiks....

Langsung saja ini dia resepnya:

LAPIS MALANG PUTIH TELUR
Sumber : 20 kreasi Telur SAJI
Bahan I:
200 gr   putih Telur
1 sdt     emulsifier
¼ sdt    garam
90 gr     gula pasir
130 gr   margarine kocok lembut (kalau mau enak bisa dicampur/diganti butter)
6 tetes pewarna kuning
60 gr     tepung terigu
15 gr     susu bubuk

Bahan II:

Sama dengan bahan I tetapi ada perubahan ditepung:
40 gr     tepung terigu
25 gr     coklat bubuk
½ sdt    baking powder
½ sdt    coklat pasta
40 gr     selai stowberi
Cara Membuat :
- Kocok putih telur, garam, emulsifier sampai setengah mengembang.
- Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
- Tuang margarine kocok dan pewarna kuning sedikit2
- Masukan terigu dan susu bubuk sambil diayak
- Tuang dalam loyang 22x22x4
- Oven dengan suhu 180, selama 30 menit
Jadilah lapis malang putih telur yang layak sekali disajkan untuk keluarga......

Mari dicoba...... ^_^

Catatan tambahan 22 Agustus 2011:
Lapis Malang Putih Telur ini juga bisa dibuat untuk cupcake lho....
Minggu lalu aku mencoba untuk membuat cupcake dengan resep ini, dan berhasil. Kalau lagi males motong-motong kuenya, dibuat di dalam cup saja hehehe.....
Ini penampakan hasilnya:

Kalau ingin tetap ada selainya, digunakan sebagai filling saja. Tapi tidak juga tidak apa-apa kok, tetep enak (kata yang makan hehehehe.....) ^_^

32 comments:

  1. enak banget jan .... luar biasa ... rasanya maknyus

    ReplyDelete
  2. kayaknya enak n perlu dicoba ni,jadi utk satu loyang putih telurnya 400 gr ,right?

    ReplyDelete
  3. Untuk satu loyang 22X22cm tetap 200gram, tapi kalau loyangnya 30X30cm bisa langsung 2 - 2,5 resep sekaligus jadi 400-500gram... Semoga berhasil ya.... ^_^

    ReplyDelete
  4. tengkyu banget resepnya yaaaa...aku modif dikit hasilnya lebih maknyusss bangettttt...tepungnya aku jadiin 40gr terigu + 20 gr maizena, susu bubuknya aku banyakin. bener-bener maknyuss...makasih ya sista :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang jika berguna... selamat berkreasi sesuai selera... ^_^

      Delete
  5. Terima kasih resepnya, aku kurangi terigunya jadi 50gr, untuk yg coklat jd 30gr. Aku skip pasta cokelat, emulsifier dan baking powdernya. Gantinya pakai tbm (a little bit unhealthy i guess). Hasilnya sangat memuaskan, pdhl telur putihnya sudah di kulkas hampir 2 bulan, bingung mau di bikin apa, pas tahun baru china ini niat bikin kue, tp mau memanfaatkan bahan yg ada di dapur. Makasih banyak yah sudah post resep nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... sama-sama, senang jika bisa berguna... putih telur selama tidak terkontaminasi kuningnya, bisa awet beberapa bulan di kulkas kok, asal tertutup rapat dan tidak sering dibuka-buka (kalau saya dibungkus plastik tebal)... ^_^

      Delete
    2. Tbmnya berapa ukuranya ya...

      Delete
    3. Untuk dian, kalau Anda membaca resepnya, harusnya sudah ada di resep....

      Delete
  6. mb...kl mo bikin adonan yg coklat, apa bikin lg se resep tp pake bahan 2 atau tetep pake bahan 1 tp d tambahin bahan 2? maaf..lg belajar niih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Pipit... untuk adonan coklatnya, tetap pakai bahan 1, tapi terigunya yang 60 gram + susu bubuk 15 gram diganti dengan 40 g terigu + 25g coklat bubuk + 1/2 sdt baking powder + 1/2 sdt coklat pasta...
      Coklat pasta nggak harus dipakai juga kok, bisa dilewatkan saja... mudah-mudahan jadi ngerti ya sekarang ^_^

      Delete
  7. Mba..emulsifier itu apa? Bru belajar jdi ga ngerti..klo ga ada bisa diganti dengan apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merk emulsifier yang saya tahu: SP, sponge 28, ovalet, TBM, dll...

      Delete
  8. mba, klo pake oven listrik. pake api atas bawah atau pake api bawah aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tahu juga ya... saya nggak punya oven listrik...

      Delete
  9. pagi mbak,mau tanya kalo mao hilangkan bau telu putihnya gimana ya mbak?soalnya kue saya buat masi terasa bau putih telurnya,padahal sudah kasi byk susu bubuk.Mohon bisa dibantu ya..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi.... kalau saya kue-kue yang dioven, biarpun menggunakan putih telur saja, tidak berbau putih telur... apalagi jika sudah ditambah coklat bubuk, essence atau semacamnya....

      Delete
  10. Mba Irene putih telur satu kira2 brp gram ya?♥ ♏ªτůя:);)ΠůώůΠ♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung besar telurnya, tapi untuk telur ukuran normal, biasanya kuningnya 15 gram dan putihnya 35gram. Sama-sama... ^_^

      Delete
  11. Tolong cek email ya bi. Ada yg mau saya tanyakan

    ReplyDelete
  12. maaf ganggu mba..kalo manggang lapisan 1 bareng dengan lapisan 2 nya, ato nunggu lapisan 1 matang dulu baru masukin adonan lapisan 2? makasih ya mba...maaf baru belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah mau memanggangnya bagaimana, seperti memanggang cake lain pada umumnya kok. Kalau memang ovennya cukup lebar ya bisa langsung sekalian dipanggang.

      Delete
  13. Mbak mau coba ..tp msh bingung adonan ke II apakah bahan bahan sama dg I cuma dikurangi tepung aja gitu ya..biar jd coklat..kalau disatuin brati ditengahny dikasi selai strawberi gitu ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya resep sudah cukup jelas ya... jumlah tepung terigunya sekian gram di resep I, digantikan menjadi tepung terigu + cokelat bubuk di resep II, ditambah BP dan pasta.
      Betul, disatukan dengan selai strawberry...

      Delete
  14. Pg mbak. Lam kenal. itu loyang di olea mentega n alas kertas ndak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yang rasa cokelat wajib, karena cokelat cenderung lengket hasilnya. Kalau yang kuning tidak harus, tapi kalau dialasi akan meminimalisir lengket pastinya ^_^

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Tks resepnya say... Mantap. Punya sisa putih telur banyak sisa lapis legit. Untung nemu resep ini aku mendadak jadi cuma aku bikin satu lapis aja rasa macha. Mantap!

    ReplyDelete
  17. Mba, menteganya tidak dilelehkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan sudah dijelaskan di resep bahwa mentega/margarinnya dikocok sampai lembut.

      Delete
  18. Kemarin saya coba setengah resep, dan berhasil. Rasa enak! Hanya saya modif sedikit, bubuk coklat saya kurangi 5g dan ganti dg terigu, coklat pasta saya tdk pakai. Dan... bikinnya juga saya modif, maaf, spy sekalian panggangnya. Jadi adonan putel saya kocok, tambahkan margarin + butter kocok, kmd timbang, dan bagi 2 rata, campur dg msg2 terigu. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete