BLOG ini adalah karya pribadi saya. Karena itu mohon untuk TIDAK menggunakan/mengcopy/mengedit foto-foto yang ada di blog ini dan memanfaatkannya untuk keperluan komersial/umum tanpa ijin tertulis dari saya. Jika ingin mengcopy-paste isi maupun foto yang ada di blog ini untuk keperluan pribadi, diharapkan menyebutkan sumber dan link asal.

"JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal." (Sumber: JACP. http://anotherfool.wordpress.com/jacp/ )


Wednesday, May 11, 2011

DARK CHERRY CHOCO CHEESE CAKE

Berikut ini adalah salah satu resep cheese cake rasa coklat yang pernah aku buat. Kesulitanku adalah karena aku tidak mempunyai loyang bongkar pasang, jadi pakai loyang biasa saja, tapi aku beri alas plastik sampai atas.
Karena itu bentuknya mungkin tidak terlalu rapi.

Ditambah lagi, aku tidak menggunakan cream cheese, tapi menggunakan cream cheese gadungan, jadinya sedikit agak bergerindil.
Tapi overall rasanya cukup enak kok. Kalau pakai cream cheese yang asli pasti lebih enak deh.
Karena untuk konsumsi sendiri, aku juga skip dark cherry nya, dan setelah jadi nggak pake dihias-hias lagi deh.... hehehe... bener-bener terasa asal-asalan kalau dipikir-pikir lagi sekarang hihihi.....


Ini dia resepnya bagi yang ingin mencoba:

DARK CHERRY CHOCO CHEESECAKE
http://cakeq.blogspot.com/2009/12/dark-cherry-choco-cheesecake.html
bahan:
alas:

1,5  bungkus Oreo, hilangkan krimnya, haluskan
75 gr mentega tawar ,lelehkan

250 gr Neufathel creamcheese
300 ml whipped cream, kocok kaku
60gr gula kastor
2sdt gelatin bubuk
80ml air dark cherry
1 kaleng dark cherry ,tiriskan
150 gr DCC, lelehkan
cara membuat:
- siapkan loyang bongpas 18cm
- campur bahan alas, padatkan didasar loyang, simpan di kulkas selama 1 jam
- tata dark cherry diatas bahan alas
- tim gelatin bubuk dan air dark cherry sampai gelatin larut
- kocok creamcheese dan gula kastor sampai gula larut, masukkan DCC leleh, kocok rata, masukkan gelatin, aduk rata. masukkan whipped cream kocok bertahap, aduk rata
- tuang ke loyang, ratakan. simpan dikulkas selama 4 jam
- hidangkan dingin
Mudah sekali kan membuatnya?
Yuk dicoba.... ^_^

5 comments:

  1. Hallo mbak Irene, ini sy lg. Maaf sy nanya2 terus. Resep2 mbak Irene membuat mata sy 'ijo' & jd 'tdk tau diri', pengen coba semua, padahal harus menahan diri, karena bahan2 cake jg tdk murah jika semua2 ingin dituruti ehee.... Tp tdk apa, utk proyek selanjutnya, karena bahan2nya jg harus dikumpulkan dulu :D... Mbak, apakah dr pengalaman mbak Irene cream cheese asli lbh enak drpd yg gadungan kah? Karena ada jg yg mengatakan walau tdk selembut yg asli, tp yg gadungan rasanya lbh ngeju. Karena cream cheese sangat mahal, biasanya sy jg pakai yg gadungan. Kalau menurut mbak Irene, yg manakah yg lbh terasa kejunya? Sy harus buat deh yg ini, karena sy suka cake yg 'ngeju' sekali, sedangkan suami suka yg nyoklat sekali; & ini adalah perpaduan yg pas. Oya mbak Irene, sekedar pengetahuan sj, apakah bedanya neufathel cream cheese dan cream cheese yg biasa, manakah yg lebih enak? Terimakasih sebelumnya ya mbak Irene. Salam sukses & sejahteralah selalu utk mbak Irene sekeluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... nggak apa-apa kok... saya juga pernah mengalami masa di mana semua resep pinginnya dicoba semua...
      Soal cream cheese, jujur saya baru pernah beli yang asli cream cheese satu kali saja. Waktu itu merknya Anchor. Enak rasanya. Dibandingkan dengan cream cheese gadungan? Saya membuat cream cheese gadungan dengan keju kraft, susu UHT Ultra yang putih, mentega Anchor/Wijsman, dan whip cream bubuk. Dibilang lebih ngeju, sebetulnya relatif juga. Jadi cream cheese gadungan ini cenderung lebih asin, dan orang Indonesia kalau keju itu berarti asin hehehe... Jadi betul-betul realtif, kalau lidah orang Eropa gitu, mungkin kurang enak ya, yang gadungan... tapi kalau lidah Indonesia mungkin malah lebih enak yang gadungan.
      Sama seperti keju parmesan dan cheddar, kalau cheddar lebih asin, parmesan tidak terlalu asin tapi lebih ada rasa "sepet"nya. Tapi nyatanya yang cheddar lebih banyak digemari di sini ^_^

      Tapi intinya, berkreasilah dan kreatiflah dari kekurangan yang ada. Saya di sini juga kesulitan menemukan cream cheese, jadi membuat yang gadungan pun tidak masalah. Pernah satu kali membuat Blueberry Cheesecake, yang betul-betul menggunakan 1kg cream cheese gadungan, dan putri saya sukaaaaaaa sekali lho hehehe....
      Jadi tidak masalah kok, menggunakan cream cheese gadungan. Oya, usahakan membuat cream cheese gadungan sampai halus sekali ya.... setelah jadi, diusahakan diblender atau dengan cara lain, jadinya haluuuus sekali seperti cream cheese yang asli... ^_^

      Delete
  2. Terimakasih atas jawabannya ya mbak Irene. Wah tips terakhir ini yg tdk terpikirkan. Benar jg, cream cheese gadungan bisa diblender agar lebih halus ya, sekalian dg gula, DCC & gelatinnya, jd tdk perlu dimixer lg hehe... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan berhasil ya... ^_^

      Delete
    2. Ya mbak Irene. Nanti sy pasti beri reportnya :)

      Delete