BLOG ini adalah karya pribadi saya. Karena itu mohon untuk TIDAK menggunakan/mengcopy/mengedit foto-foto yang ada di blog ini dan memanfaatkannya untuk keperluan komersial/umum tanpa ijin tertulis dari saya. Jika ingin mengcopy-paste isi maupun foto yang ada di blog ini untuk keperluan pribadi, diharapkan menyebutkan sumber dan link asal.

"JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal." (Sumber: JACP. http://anotherfool.wordpress.com/jacp/ )


Friday, November 14, 2014

POMPOM POTATO



Dulu sebelum aku mempunyai hobi memasak, terkadang untuk tambahan lauk kami membeli frozen food seperti chicken nugget, karage, spicy wing, dan potato nugget. Kebetulan untuk jenis sosis-sosisan dan model seperti tempura atau kaki naga, di keluargaku tidak suka.
Tapi itu sudah lamaaaaaa sekali, mungkin terakhir membeli frozen food seperti itu sudah 5 tahun lalu atau lebih, karena pada dasarnya memang hanya sebagai lauk kalau kepepet saja hehehehe...

Nah, waktu sudah mulai senang masak, aku beberapa kali membuat chicken nugget. Ternyata mudah ya, membuat chicken nugget sendiri. Tahun lalu kucoba membuat potato nugget, dan berhasil pula.... Lalu beberapa waktu lalu banyak postingan di group mengenai pompom potato. Tadinya kupikir apa gerangan ya, pompom potato... namanya kok unik.... ternyata oh ternyata.... sama saja dengan potato nugget yang dulu pernah kubuat. Jadi bulan lalu saat putriku ada di rumah,  coba bikin lagi deh buat bekalnya selama ngekost... bisa buat variasi lauk tambahannya. Pompom makan pompom deh hahahaha....



Waktu itu kebetulan menggunakan bahan-bahan seadanya saja di rumah, namun jadilah pompom potato yang lezat sekali.... ^_^ Ini dia resepnya:

Pompom Potato
By: Irene Susianto


Bahan:
350 gram kentang
60 gram Keju parut (atau sesuai selera)
Daging asap jika ada, banyaknya sesuai selera, potong-potong kecil
Lemak ayam secukupnya, potong-potong kecil (optional, tidak harus pakai)
Daun seledri secukupnya, dirajang halus

Putih telur
Tepung panir oranye


Cara membuat:
- Kentang dikupas, dicuci, potong-potong, direbus, dan ditumbuk sampai halus
- Setelah itu masukkan semua bahan lain: cincangan daging asap, lemak ayam, daun seledri, brokoli, dan keju parut.
- Campur semua bahan jadi satu, jika kurang asin bisa ditambahkan keju, atau bisa juga menggunakan chicken powder atau garam saja.
- Setelah itu dibentuk lonjong atau memanjang sesuai selera.
- Celupkan di putih telur, lalu gulingkan di tepung panir sampai tertutup rata.
- Jika akan langsung dimakan, bisa langsung digoreng, atau dimasukkan ke dalam kulkas dulu agar lebih set, tidak mudah lepas panirnya.
- Jika akan disimpan, kemas dalam plastik atau wadah plastik yang tertutup rapat, usahakan satu kemasan untuk satu kali makan supaya mudah mengambilnya. Simpan dalam freezer.
- Goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai keemasan. Jadi deh pompom potato yang cantik dan menggugah selera.... bisa untuk cemilan, dimakan dengan cocolan saus sambal, bisa juga untuk lauk... ^_^



Mudah ya membuatnya.... untuk isiannya juga bisa divariasi sesuai bahan yang ada atau sesuai selera. Misalnya menggunakan wortel yang diparut, daun bawang, atau yang lainnya....
Supaya membentuknya lebih mudah, gunakan sarung tangan plastik, sehingga tidak lengket di tangan dan lebih praktis....

Selamat mencoba ^_^

14 comments:

  1. irene....
    sedap banget ini, uda kucoba dulu. tapi baru tau ada diblogmu juga..
    really love it :)

    ReplyDelete
  2. hai Irene, kebetulan saya tinggal di luar dan rencana mau mudik ke Indonesia sekitar 2 bulan lagi. Nah saya pengen banget belanja cetakan pukis, martabak, kue lumpur dll. Ada saran gak di toko apa yg tersedia cetakan2 tsb di area Surabaya? Terima kasih sebelumnya. Inge.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Inge... wah pas nih, kebetulan baru desember kemarin saya ke Surabaya, mencoba masuk ke toko Delapan. Di sana lumayan lengkap untuk bahan kue dan peralatannya. Tempatnya besar. Hanya untuk bagian bahan kue, kebanyakan berupa display dalam etalase, jadi kita yang harus minta. Tapi untuk peralatannya, sebagian besar kita bisa memilih dan ambil sendiri. Pelayanan agak sedikit judes, terutama karyawan perempuan hehehe..... Alamatnya Toko Delapan Jln. Pucang Anom Timur 8 (031) 5015877, 5054911, 5016789.
      Terus ada satu lagi, tapi sudah agak lama saya ke sana, toko Arlisah. Kalau yang ini lebih ke segala macam peralatan, mulai peralatan masak, baking, sampai perabotan rumah tangga sehari-hari. Sebagian besar bisa mengambil dan memilih sendiri. Alamatnya Jl. Urip Sumoharjo 86, Surabaya.
      Untuk peralatan, di kedua toko itu sepertinya yang paling lengkap.
      Ada lagi toko Sinar Yong. Lantai 1 menyediakan segala macam bahan kue, lantai atasnya segala macam peralatan kue.
      Kalau waktunya cukup, bisa dikunjungi ketiga tempat tersebut. Untuk harga, biasanya ada yang lebih mahal sedikit dan lebih murah sedikit.
      Mudah-mudahan berguna ya Inge... ^_^

      Delete
    2. Oiya SInar Yong lokasinya di Jl. Kedungdoro 24-26 Surabaya. Telepon (031) 534 3435.

      Delete
  3. Waahh, makasih ya Irene atas infonya. Kalau masalah waktu pasti tak sempat-sempatin deh, kalo perlu nginep di Surabaya. Tentang judesnya karyawan di Toko Delapan gak masalah, soalnya saya kan juga judes, hehhehehe.... Sekali lagi terima kasih banyak ya. Inge

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.... iya sama-sama.... senang kalau bisa membantu, Inge... ^_^

      Delete
    2. Halo Irene...cm mau kasih kabar klo saya dah beli macam2 perabotan dapur dll. Alhasil nginep 2 malem di Sby. Semua nya termasuk ngerampok petabotan dapur nya mamaku dah keangkut dengan selamat tanpa ada yg pecah, ada yg pesok2 tp msh bs dibenerin. Puas deh....makasih ya. Inge.

      Delete
    3. Hallo Inge... wah pasti senang sekali ya habis mborong peralatan dapur hihihihi.... Semoga semua peralatannya terpakai dan baking dan masaknya juga jadi tambah bervariasi.... ^_^

      Delete
  4. sudah beberapa hari saya mencari berita seperti ini, dan akhirnya.. akhirnya ketemu!! terimakasih nih ya? postingannya sangat berharga bagi saya, thanks gan!

    ReplyDelete
  5. Enak pake banget... satu demi satu dicoba semua resepmu Ne.. dan oke bgt..mksh ya..dr sharing2 dan comment2 jg jd byk belajar nambah pengetahuan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha nongol di sini juga... wah lama banget nggak update blog nih, San... padahal banyak banget resep-resep yang udah dicobain, tapi asli pemalas banget nih hehehe...

      Delete
  6. mbak,kira2 tahan brp lama klo frozen?? tks sebelimnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan asumsi pengolahannya higienis, packagingnya bagus dan kedap udara, bisa sampai 6 bulan. Tapi setidaknya bisa berbulan-bulan disimpan di freezer asalkan pengolahannya baik kok...

      Delete