BLOG ini adalah karya pribadi saya. Karena itu mohon untuk TIDAK menggunakan/mengcopy/mengedit foto-foto yang ada di blog ini dan memanfaatkannya untuk keperluan komersial/umum tanpa ijin tertulis dari saya. Jika ingin mengcopy-paste isi maupun foto yang ada di blog ini untuk keperluan pribadi, diharapkan menyebutkan sumber dan link asal.

"JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal." (Sumber: JACP. http://anotherfool.wordpress.com/jacp/ )


Sunday, December 8, 2013

DORAYAKI (I)




Aku ingin begini, aku ingin begitu, ingin ini ingin itu banyak sekaliiii.............
Hayooo cuplikan lagu apa itu? Yak, betul sekali.... siapa yang tak kenal dengan Doraemon? .... ^_^

Sejak saya SMP film Doraemon sudah ada lho... sudah tua sekali ya umurnya Doraemon dan Nobita ini sebetulnya hahahaha..... Dulu stasiun TV belum banyak, hiburan anak juga minimalis..... kalau jaman saya kecil, yang ada hanya si Unyil dan kawan-kawannya.... lalu ada acara Ria Jenaka, sinetron Rumah Masa Depan, Kisah Serumpun Bambu.... semuanya di TVRI, lah adanya cuma TVRI. Teman-teman sekolah saya yang lebih beruntung masih bisa nonton channel-channel lain via parabola hehehe...





Kembali lagi ke Doraemon... di film Doraemon, seringkali disebut-sebut dorayaki, makanan favorit Doraemon. Kalau dulu ya tidak ada gambaran sama sekali, apa sih dorayaki itu?
Nah setelah menemukan resepnya baru tahu deh, dorayaki itu seperti apa... ^_^
Aslinya menggunakan selai kacang merah sebagai fillingnya, tapi sekarang sepertinya bisa diisi apa saja sesuai selera konsumennya.... contohnya, saya biasanya menggunakan selai coklat saja. Kalau diisi selai kacang merah malah sepertinya tidak ada yang mau makan tuh di rumah.....


Ada 2 versi dorayaki yang pernah saya buat, 3 sih sebetulnya.... tapi yang satunya kurang recommended bagi saya, jadi tidak saya share di sini ya....

Ini dia versi resep yang pertama:


DORAYAKI 
oleh Bogasari resep@bogasariflour.com
Modifikasi by: Irene Susianto




Bahan:
 3 butir telur ayam
120 gram gula pasir
80 gram air
150 gram terigu Kunci Biru
1/2 sendok teh soda kue
1/2 sendok teh vanille

50 gram margarin cair/minyak sayur (ini aslinya tidak ada, tapi kalau tidak memakai lemak jadi agak seret rasanya)

Cara Memasak : 
- Telur dan gula dikocok sampai mengembang.
- Masukkan air sedikit demi sedikit.
- Campur terigu, soda kue dan vanille, lalu masukkan ke dalam kocokan telur.

- Terakhir, masukkan margarin cair/minyak sayur, aduk rata.
- Panggang di cetakan kue lumpur sampai matang.
- Setelah matang ambil dua buah kue, tengahnya isi dengan coklat, selai strawberry sesuai selera.




Hasilnya enak, apalagi kalau dimakan hangat-hangat.... cocok untuk kudapan sore hari atau untuk bekal sekolah anak.... ^_^

No comments:

Post a Comment