BLOG ini adalah karya pribadi saya. Karena itu mohon untuk TIDAK menggunakan/mengcopy/mengedit foto-foto yang ada di blog ini dan memanfaatkannya untuk keperluan komersial/umum tanpa ijin tertulis dari saya. Jika ingin mengcopy-paste isi maupun foto yang ada di blog ini untuk keperluan pribadi, diharapkan menyebutkan sumber dan link asal.

"JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal." (Sumber: JACP. http://anotherfool.wordpress.com/jacp/ )


Saturday, December 7, 2013

OSENG ATI KENTANG




Salah satu lauk favorit saya adalah oseng ati kentang. Kenapa? Karena saya penggemar kentang dan pecinta hati ayam hehehehe.... Pertama mengenal dan makan oseng ati kentang ini waktu saya sudah tinggal di Banyuwangi. Ketinggalan jaman ya.... waktu itu dibelikan nasi bungkus oleh suami tercinta, ada oseng ati kentangnya. Sejak saat itu saya langsung jatuh cinta (cieeeee.......) sama lauk yang satu ini.
Suami justru nggak doyan, karena beliau tidak suka makanan yang "masir" seperti kentang rebus, kuning telur (apalagi kuningnya telur asin yang masir banget), ati dan jeroan lainnya. Jadi kalau beli nasi bungkus di tempat tersebut, jatah oseng saya dobel hahahaha....

Tapi sudah lamaaaaaaa sekali terakhir beli nasi bungkus di sana. Nah, mengobati rasa kangen saya dengan oseng tersebut, saya coba belajar masak sendiri. Sekarang justru merasa kalau buatan sendiri ini jauh lebih enak daripada yang beli tersebut, karena perbandingan ati dan kentangnya bisa disesuaikan keinginan, juga rasanya bisa lebih disesuaikan dengan selera saya (super pedassss) ^_^




Seperti pada umumnya, kalau saya masak jarang sekali menggunakan takaran, tidak seperti membuat kue ya.... jadi modalnya cuma kira-kira hehehehe..... tapi akan saya coba membuat takaran supaya tidak membingungkan ya... kalau semua diberi keterangan "secukupnya", pastinya pada bingung, "cukup" itu seberapa??

Akan tetapi ini hanya takaran kira-kira, jadi monggo disesuaikan dengan selera masing-masing ya.... karena selera tiap orang berbeda-beda... ada yang suka kurang asin, ada yang suka agak manis, ada yang suka asiiin.... hehehehe....

Kurang lebih beginilah resepnya:

OSENG ATI KENTANG
By: Irene Susianto


 Bahan:
1 kg kentang
1 kg hati ayam (bisa pakai rempelanya kalau suka)
----> perbandingan antara kentang dan ati bisa suka-suka kok... tidak harus seperti di atas

400-500 ml santan sedang
4 lembar daun salam
beberapa iris laos

Bumbu:
2 sendok teh garam (sesuaikan dengan selera)
4 sendok teh gula pasir atau diganti dengan gula merah lebih nikmat (sesuaikan dengan selera)
1 sendok teh kaldu ayam bubuk, atau 1 sdm kaldu ayam yang berbentuk gel


Bumbu dihaluskan:
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt jinten bubuk (bisa diabaikan jika tidak ada)
1 buah kemiri (bisa diabaikan jika tidak ada)
5 buah cabe merah besar - ini supaya warna merahnya bagus
cabe rawit secukupnya - kalau tidak suka pedas, tidak usah dipakai. Kalau saya, cabenya bisa 1/4 kg sendiri dan nggak pakai cabe merah besar hahahaha.....

Cara membuat:
- Kupas kentang, cuci bersih, potong-potong kurang lebih 1X1 cm. Setelah itu digoreng dengan minyak banyak sampai matang. Jangan sampai kering ya... nanti jadi keripik kentang hahahaha.....
- Sementara itu, didihkan air dalam panci, rebus hati ayam sampai matang. Setelah matang, potong-potong kecil, disesuaikan dengan ukuran kentangnya.

- Untuk bumbu yang dihaluskan, bisa diulek kalau berlebih tenaga, kalau saya langsung diblender saja jadi satu. Biasanya saya tambahkan sedikit air untuk memblendernya. Setelah halus, tuangkan ke wajan, masak sampai airnya menguap, baru masukkan minyak secukupnya. Tumis bumbu halus bersama daun salam dan laos sampai matang dan tanak (warnanya berubah dan baunya harum).
- Setelah itu, masukkan garam, gula, dan kaldu ayam (bubuk atau gel), aduk sebentar.
- Masukkan santan, aduk sebentar.
- Masukkan kentang dan hati ayam yang sudah matang tadi.
- Aduk sampai rata dan bumbu meresap. Jangan lupa tes rasa, apakah sudah pas. Kalau kurang asin tambahkan garam, kurang manis tambahkan gula. Aduk rata, siap dihidangkan ^_^



Hasilnya? Hmmmmm enak banget kalau menurut saya sih hehehehe.... kalau makan dengan oseng ini, maunya nambaaaah terus.... apalagi ditambah dengan sebutir telur asin atau telur dadar yang digoreng kering.... wow.... habis makan serasa tidak kuat berdiri.... hahahaha....

Sepintas tampaknya agak ribet ya membuatnya.... sebetulnya tidak juga kok... saya sendiri, untuk bumbu halus berupa bawang merah bawang putih biasanya sudah siap pakai. Cabe juga sudah saya sediakan yang sudah halus, jadi tinggal mencampur saja sih.... hehehe.... Akan saya bahas di lain topik saja di lain waktu ya....

Selamat makan dan semoga cocok dengan resep ini.... ^_^

No comments:

Post a Comment