BLOG ini adalah karya pribadi saya. Karena itu mohon untuk TIDAK menggunakan/mengcopy/mengedit foto-foto yang ada di blog ini dan memanfaatkannya untuk keperluan komersial/umum tanpa ijin tertulis dari saya. Jika ingin mengcopy-paste isi maupun foto yang ada di blog ini untuk keperluan pribadi, diharapkan menyebutkan sumber dan link asal.

"JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal." (Sumber: JACP. http://anotherfool.wordpress.com/jacp/ )


Thursday, December 5, 2013

ÉCLAIRS



Ëclairs.... mendengar namanya.... keren amat yak..... hihihihihi.... dulunya nggak tahu éclairs itu jenis makanan apa, maklum ndeso...... Ceritanya, waktu itu salah satu manajer bakery ternama di kotaku ini sekaligus rekan yang cukup akrab dengan keluarga kami, memberikan beberapa buah kue sus yang bagian ujung-ujungnya dicelup DCC. Wah enak banget rasanya.... vla-nya rasa coklat, tapi tidak seperti vla pada umumnya.... entah apa, tapi pokoknya berbeda.


Karena penasaran, cari-cari deh apa sih nama kue sus itu.... ternyata namanya Ëclairs.... nah setelah itu cari-cari deh resepnya.... lama kemudian baru berani membuat, setelah mendapatkan resep vla yang sepertinya enak. Vla éclairs pun ternyata punya nama sendiri yang keren, yaitu Diplomat Cream. Teksturnya seperti vla, namun lebih halus, lembut, dan creamy.


Tak usah berpanjang lebar, langsung ini dia resepnya:

ÉCLAIRS 

By: HADI TUWENDI
Modifikasi by: Irene Susianto



Bahan Soes
120 gr tepung terigu protein rendah
110g r butter
240 gr air

180 gr telur
1/2 sdt toffieco vanilla
1 gr baking powder

Cara Membuat:

- Campurkan butter dan air, masak hingga mendidih. Matikan api dan masukkan tepung terigu. Setelah diaduk rata, masak di atas api kecil sampai matang. Kocok dengan mikser sampai hangat kuku.
- Masukkan bahan B, kocok hingga adonan licin dan mengkilap.
- Cetak/semprot sesuai selera.


 


 - Panggang dengan api sedang sampai matang, sampai adonan tidak berbusa lagi dan tampak kering bagian luarnya.



- Dinginkan kulit sus, lalu beri lubang di bagian sampingnya untuk memasukkan vla-nya.


Bahan Diplomat Cream

Bahan A:
135 gr gula castor
sedikit garam
350 gr susu cair UHT

Bahan B:

80 gr tepung maizena
1 sdm coklat bubuk
3 butir kuning telur
325 gr susu cair UHT

Bahan C:

125 gr whipped cream kocok
1 sdm rhum

Cara Membuat:

- Masak semua bahan A hingga mendidih. Aduk semua bahan B lalu campurkan ke A. Masak sampai mendidih dan kental. Angkat, kocok dengan mikser hingga dingin.
- Simpan di kulkas sebentar hingga dingin. Setelah dingin, campurkan bahan C, kocok dengan mikser low speed hingga tercampur rata. Jangan dikocok terlalu lama agar tidak pecah.
- Dinginkan vla, lalu semprotkan dengan plastik segitiga ke dalam kulit sus.
- Langkah akhir, siapkan DCC yang sudah dilelehkan, lalu celupkan bagian atas sus, atau ujung kiri kanan sus, lalu dinginkan.



Hmmm..... tampaknya ribet ya..... tapi sungguh sepadan hasilnya.... Ëclairs ini enaaaak banget deh.... tidak cukup satu buah.... ^_^ Dan kalau dijalani, sebetulnya tidak ribet kok.... yang penting telaten dan sabar dalam mengerjakannya. Oya, Ëclairs lebih enak dimakan dalam keadaan dingin ya....



Kalau boleh menilai jujur, Ëclairs buatan sendiri ini lebih enak daripada yang beli di bakery-bakery deh..... Tidak percaya? Coba membuatnya dan buktikan sendiri.... ^_^

No comments:

Post a Comment