BLOG ini adalah karya pribadi saya. Karena itu mohon untuk TIDAK menggunakan/mengcopy/mengedit foto-foto yang ada di blog ini dan memanfaatkannya untuk keperluan komersial/umum tanpa ijin tertulis dari saya. Jika ingin mengcopy-paste isi maupun foto yang ada di blog ini untuk keperluan pribadi, diharapkan menyebutkan sumber dan link asal.

"JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal." (Sumber: JACP. http://anotherfool.wordpress.com/jacp/ )


Monday, December 2, 2013

PEANUT BUTTER CAKE



Selamat pagi semuanya...... ^_^
Pagi yang cerah mengawali bulan Desember ini....
Hari ini saya akan berbagi resep Peanut Butter Cake. Resep ini saya dapat dari milis NCC, diposting oleh ibu Fatmah beberapa minggu yang lalu, namun baru sempat uji coba hari Minggu kemarin....


Berikut resepnya:

PEANUT BUTTER CAKE 
Penulis: Fatmah Bahalwan

Bahan: 
75 gr selai kacang
75 gr margarin
½ sdt vanili
250gr gula pasir
2btr telur
200gr tepung terigu
1sdt Baking Powder
150ml susu cair

Cara membuat: 

- Campur terigu dengan baking powder, sisihkan.
- Kocok selai kacang, margarin, gula, vanili hingga mengembang dan pucat, masukkan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang.
- Masukkan tepung dan susu secara bergantian, sambil diaduk hingga rata.
- Tuang dalam loyang 22x10x7cm yang telah dipoles mentega dan dialasi kertas roti.
- Panggang dalam oven suhu 180'C, selama 45 menit atau hingga matang.
- Angkat, dinginkan. Potong- potong.



Hasil cakenya cukup padat, seperti buttercake pada umumnya, namun teksturnya cukup lembut. Manisnya cukup, dan rasa kacangnya cukup terasa.
Apabila ingin cakenya lebih ringan, 200g terigu bisa diganti dengan 150g terigu + 50g maizena ya.... dan jika ingin rasa kacangnya lebih mantap, selai kacangnya bisa ditambahkan 25-50g.
Untuk mempercantik, atasnya bisa ditabur dengan kacang tanah cincang.


Saya sendiri menggunakan loyang ukuran 30X10X5 cm supaya cakenya tidak terlalu tebal.
Cake yang saya buat kemarin sore ini, seperti tampak pada foto, bagian atasnya agak merekah, kemungkinan karena suhunya terlalu tinggi. Lain kali apinya lebih kecil supaya tidak sampai merekah ^_^
Oya, karena teksturnya yang cukup padat, Peanut Butter Cake ini bisa digunakan sebagai basecake untuk cupcake lho....


Secara keseluruhan, cake ini enak dan mengenyangkan. Buat saya, pagi ini menikmati satu potong saja peanut butter cake ini dengan secangkir Irish Coffee, sudah membuat perut kenyang dan siap melaksanakan aktivitas hari ini.... ^_^

Yuk mari dicoba..... ^_^

No comments:

Post a Comment