BLOG ini adalah karya pribadi saya. Karena itu mohon untuk TIDAK menggunakan/mengcopy/mengedit foto-foto yang ada di blog ini dan memanfaatkannya untuk keperluan komersial/umum tanpa ijin tertulis dari saya. Jika ingin mengcopy-paste isi maupun foto yang ada di blog ini untuk keperluan pribadi, diharapkan menyebutkan sumber dan link asal.

"JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal." (Sumber: JACP. http://anotherfool.wordpress.com/jacp/ )


Monday, April 11, 2011

MARTABAK MANIS


Martabak manis, atau di Banyuwangi biasa disebut kue terang bulan, merupakan salah satu jenis makanan yang digemari hampir semua orang.
Dan ternyata proses membuatnya pun mudah sekali.
Ada banyak resep yang beredar, tapi baru sedikit yang dicoba, dan kebanyakan mirip-mirip sih hehehe....
Martabak Manis
Berikut resepnya ya....

MARTABAK MANIS
by: Stella Utomo

Bahan :
500 gr terigu
750 cc air
50 gr gula
1/2 sdm garam
1 btr telur
1 sdt soda kue

Bahan Isian :
Coklat meisis
Kacang cincang
Keju parut
Susu kental manis
Gula pasir

Cara Membuat :
- Campur semua bahan kulit martabak, selain soda kue. Biarkan selama 1 jam atau lebih.
- Panaskan loyang martabak. Tambahkan soda kue pada adonan yang telah siap dibuat. Tuangkan adonan martabak secukupnya.
Proses masak
- Tunggu sampai adonan bersarang, taburkan gula pasir secukupnya.
- Tutup loyang martabak, sampai matang.
Martabak baru matang
- Angkat martabak, oleskan mentega, taburkan meisis cokelat, kacang & keju, terakhir siramkan susu kental manis.
Siap dihidangkan ^_^
- Lipat martabak menjadi 2, oleskan bagian luar martabak dengan mentega.
- Martabak siap dihidangkan...... yummy...... :-)
Untuk bekal sekolah ^_^
- Untuk 3 loyang martabak ukuran 26cm.
Nikmat sebagai teman minum teh

Catatan:
- biasanya aku membuat 1/4 resep saja, bisa jadi 2 buah martabak manis dengan teflon 20cm, hanya jadinya tipis, tidak tebal seperti martabak manis bandung.
- yang perlu diperhatikan adalah pada saat memanggang, apinya harus kecil sekali agar tidak gosong kulitnya sementara tengahnya belum matang.
Hmmmm.... yummy deh....
Selamat mencoba ^_^

19 comments:

  1. aku coba kenapa ya bagian tengah mengembung macam balon

    ReplyDelete
  2. mungkinkah apinya terlalu besar? atau mungkin panas dari kompor tidak merata ke seluruh bagian wajan?

    ReplyDelete
  3. muantab buanget deh resepnya mba irene!!! thks.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih, semoga bermanfaat ya... ^_^

    ReplyDelete
  5. bu, kl mau buat 1/4 resep, telurnya brapa? satu resp aja tlrnya cm 1. apa dibg jd 1/2 butr aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau, gunakan telurnya tetap 1 butir saja... malah jadinya akan lebih empuk... ^_^

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. maaf bu, mau tanya apa resep martabak manis itu memang tidak dikasih ragi ya bu(kl martbk bolu kn diksh ragi)?.Bu, tujuannya adonan (trigu,air,telur,garam) dicampur(tanpa bhn pengembang/ragi) trus didiamkan 1 jm itu untuk apa y? td sr sy buat martbk manisnya sy ksh ragi 1/4 resp 1/2 sdt ragi bu. apa benar y bu kl sy tambahi ragi(ragu ga bs ngembng/berongga pruntus2 kl g pk ragi)?y stlh jd hasilnya enak bu,empuk,oke.thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk resep yang ini memang tidak menggunakan ragi. Sepertinya resep model seperti ini yang sering dipakai untuk jualan martabak manis, karena ragi kalau kelamaan kan akan menjadi asam.
      Walaupun tanpa menggunakan ragi, akan tetap bisa berongga kok, kalau tidak kan tidak akan saya posting di sini hehehe.... Kalau martabak bolu rongganya lebih besar-besar karena menggunakan ragi, dan memang lebih empuk...

      Delete
  8. ohhh begitu to bu....oke, bsk sy cb lg yg sesuai resepnya. Bu irene, sy makasih banyak lho bu, skr sy jd smgt untuk buatin makanan utk keluarga. anak&suamiku suka& iktn smgt, aplg kl hslnya enk dan berhsl. harapanku smoga bs dijual. doakan ya bu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin.... saya juga ikut senang.... mudah-mudahan sukses ya.... ^_^

      Delete
  9. bu irene, sy mau tnya lg nih gmna y bu carany supaya pingggiran martabakny bs ttp awet garing? soalny sy biasa bikin adananny itu mlm, trs sy cetak2in,trs sy biarin sm bsk subuh tgl kasi topping2. tp pinggiranny uda jelek bu , pada mengkerut smua, pdhl wktu anget2 itu bagus n crispy. tlg infony ya bu... resepny sipppppppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini memang susah ya.... kalau sudah berjam-jam memang akan jadi menciut atau loyo. Bahkan yang kita beli di tukang martabak pun akan sama, kan.... biarpun yang crispy, nantinya juga akan melempem. Kalau mau dibuat malamnya untuk besok paginya, mungkin bisa dipanggang dulu lagi sebentar. Baru saja terpikir, kalau malamnya dibuat, jangan diberi apa-apa dulu, lalu besok paginya ditata di loyang, sekalian dioles margarine permukaan martabaknya, lalu dipanggang dengan api kecil, sampai bisa garing lagi pinggirannya, bagaimana?
      Daripada memanaskan satu-persatu di loyang martabaknya, di loyang kue kering kan bisa muat lebih banyak.
      Nah mudah-mudahan bisa membantu ya.... ^_^

      Delete
    2. Mslhny sy g punya oven bu (hikss...) . sebnrny sy bikin adonanny itu mlm trs dicetak2+uda sy kasi mentega permukaannya, trs subuh br sy kasi topping, buat menghemat wktu gtu bu mksdny. tp jadiny kl dimkan masi enak si, tp mmhh krg terasa gurih gt bu speerti klo beli trg bulan holland , heheheh, mskpn uda nginep tp kok mentegany kyk uda merasuk gt y k dlm serat2ny , apa sy yg krg kasi mentegany bnyk y bu? ato apakah wktu subuh sy mau ks topping itu hrs dioles mentega lg? trs yg bener susu kntl mns dulu br mesess n keju ato meses n keju dl br susu kntl manis? ibu biasany pke keju n messes apa ya? kl bole tau biar bs jd seenak punya ibu jg nih critanya,,hehheheheh. oh ya, ini sy pke akun suami sy bu, br sadar foto profilny kok topless gt =(

      Delete
    3. Oooo kalau nggak punya oven dan ingin disajikan panas dan crispy lagi, ya memang harus dipanaskan lagi sebentar di dalam cetakannya. Tapi kan tetap saja dalam beberapa jam juga sudah nggak crispy, jadi rasanya nggak apa-apa kalau memang kondisinya sudah nggak crispy.
      Kalau oles menteganya terserah sih, lebih mudah memang waktu matang langsung dioles, karena menteganya kan jadi mencair sendiri. Kalau sudah dingin baru dioles malah jadi susah mengolesnya.
      Kalau urutan meses, SKM dan keju itu terserah kok... kalau saya biasanya keju dulu karena yang paling banyak makan tempat, lalu meses, baru SKM. Untuk keju selalu saya pakai Kraft. Meses saya pakai merk bakery. Usahakan gunakan bahan-bahan yang berkualitas supaya hasil dan rasanya juga enak ya...
      Oiya kalau boleh, lain kali jangan terlalu disingkat-singkat ya.. membacanya harus pakai mikir jadinya hehehe.... Semoga membantu ^_^

      Delete
    4. hehehe iya bu irene,maaf yaa jadi bingung mentranslate singkatan saya hhahaa... bu nanya lagi ya, kan diresep ibu itu pakai baking soda,nha brati kalo saya mau buat adonanny malam sebelumnya apakah baking sodanya dimasukan ? atao baru dimasukkan waaktu mau dicetak? terus kalo di resep yang ibu buat kan ga ada baking powdernya yah, tappi teman saya kok bilang dia buatrnya pakai baking powder ya bu? memang klo pake baking powder / tidak beda dimanany ya bu? saya bingung... thaks bu buat sharing ilmunya =)

      Delete
    5. Nah kalau begini bacanya jadi nyaman deh hehehe....
      Hmmm gimana ya... bingung juga kalau jawab pertanyaan yang seperti ini, karena biasanya saya bikin adonan lalu langsung dimasak. Sepertinya baking soda memang dimasukkan terakhir, jadi kalau mau dibuat adonan malamnya, dimasukkan kulkas, lalu paginya tinggal dicampur baking soda, mungkin lebih tepat begitu ya....
      Untuk resep, memang ada banyak resep dan banyak pula macamnya. Kalau baking powder mungkin untuk lebih mengembangkan adonan pada saat dimasak nantinya. Tapi kalau tanpa baking powder sudah bagus mengembang dan bersarangnya, mungkin lebih baik tidak usah ditambahkan ya... atau kalau mau, coba resep lain yang ada baking powdernya, nanti kalau beda, ya berarti baking powdernya yang membuat perbedaan. Kalau sama saja, ya mending yang tidak usah pakai hehehehe....
      Sama-sama... semoga bermanfaat dan nggak bingung ya... ^_^

      Delete