BLOG ini adalah karya pribadi saya. Karena itu mohon untuk TIDAK menggunakan/mengcopy/mengedit foto-foto yang ada di blog ini dan memanfaatkannya untuk keperluan komersial/umum tanpa ijin tertulis dari saya. Jika ingin mengcopy-paste isi maupun foto yang ada di blog ini untuk keperluan pribadi, diharapkan menyebutkan sumber dan link asal.

"JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal." (Sumber: JACP. http://anotherfool.wordpress.com/jacp/ )


Thursday, April 28, 2011

SAPI LADA HITAM

Sapi Lada Hitam
Beberapa kali makan di resto, salah satu masakan yang sering dipesan suamiku adalah Sapi Lada Hitam.
Lama-lama penasaran juga ingin membuat sendiri hehehe....
Setelah browsing di google, aku menemukan satu resep dari mbak Rina Sofiany, dan sedikit kumodifikasi menyesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di rumah.
Ternyata rasanya lebih enak daripada yang beli di resto-resto itu.
Jadi buat yang suka masakan sapi lada hitam, ini dia resepnya:

DAGING SAPI LADA HITAM
by: Rina Sofiany
Modified by: Irene Susianto

Bahan :
350 gr daging sapi has dalam
2 sdm minyak goreng
2 siung bawang putih, cincang
merica hitam butiran kasar (banyak dijual di supermarket)
300 cc air
1 buah paprika, buang bijinya, potong kotak-kotak (boleh merah/kuning/hijau atau kombinasi ketiganya supaya tampak lebih menarik)
1 buah bawang bombay , iris memanjang

Saus rendaman:
1 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
5 sdm saus tiram
1 sdm minyak wijen
1 sdt garam
1 sdt baking powder
1 sdt bubuk paprika
Cara membuat :
- Potong daging sapi kotak bite size atau sesuai keinginan.
- Masukkan potongan daging ke dalam saus rendaman. Aduk rata dan diamkan minimal 30 menit.
- Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan daging sapi beserta saus rendamannya, masak hingga daging berubah warna, tambahkan air dan masak hingga daging lunak dan kuah mengental.
- Masukkan paprika dan bawang bombay , aduk rata hingga bawang dan paprika matang, tambahkan merica hitam, aduk rata sekali lagi.
- Sajikan hangat. Bila diinginkan saat disajikan diberikan lagi taburan merica hitam yg digiling kasar.
Mudah kan membuatnya? Dan dijamin rasanya nggak kalah dengan resto yang mahal sekalipun....
Selamat mencoba ^_^

12 comments:

  1. klo kecap asin dan kecap ikan enaknya merek apa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehm... kalau saya sesungguhnya jarang pakai kecap asin dan kecap ikan, karena itu beli merk seadanya saja... yang kecap asin saya pakai ABC, kecap ikannya lupa (waktu itu sudah habis, sampai sekarang belum beli lagi hehehe....)... ^_^

      Delete
  2. Mbak ijin praktek resepnya ya.. Thank's a lot. Eva, Bandung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo mbak Eva... semoga cocok dengan resepnya ya..... ^_^

      Delete
  3. bu, apa has dalam itu sama dgn ulur y? ato yg daging full tanpa lemak ya? masaknya brapa lama? ada tips supaya daging cpt empuk ga bu? ( ankku suka bgt sop sapi dari daging sapi bagian kissi, aku prestonya sampe 1 jam kdg lbh bu, kt annku ...wong sapinya fitnes sih mah...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha anaknya Fenny ada-ada saja ya....
      Has dalam betul daging lulur, tapi sebetulnya bisa dibuat dari daging kisi, atau bahkan daging ayam kok... Kalau memotong dagingnya cukup tipis atau agak kecil-kecil, rasanya waktu memasaknya tidak perlu lama-lama kok....
      Untuk mengempukkan daging sebetulnya bisa menggunakan buah nanas parut. Jadi sebelum dibumbui dan diolah, daging dibaluri parutan buah nanas 15 menit saja, katanya daging akan jadi empuk... Biasanya kalau menggunakan presto pun saya hanya 15 menitan setelah desisan pertama, sudah cukup empuk kok.... ^_^

      Delete
  4. oh gitu ya bu. aku irisnya itu tebalnya ya sktr 0,5 cm an bu. ketebalan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau 1/2 cm cukup kok tebalnya, cuma kan tidak perlu lebar-lebar, tapi agak kecil-kecil memotongnya...

      Delete
  5. iya bu, udah sy ptg kecil2 jg. kl blh tahu, panci presto ibu merknya apa y?harganya sektr brp?sy kl presto kok lm bgt, kl mau empuk y 3/4 - 1 jm bu. punyaku,merk oxone, y sktr 600 rb an bu.thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya punya 2 macam presto di rumah, yang satu merk maxim, harga sekitar 100rb lebih sedikit, ini yang saya pakai untuk masak daging-dagingan, mengempukkan daging sapi, iga babi, dll... Kalau mengempukkan iga babi hanya butuh sekitar 7 menit, sapi sekitar 10 menit saja.
      Yang satunya merk ISA, harganya lebih dari 1,5 juta, ini saya gunakan hanya untuk membuat ayam tulang lunak dan bandeng duri lunak karena kapasitasnya yang lebih besar...

      Delete