BLOG ini adalah karya pribadi saya. Karena itu mohon untuk TIDAK menggunakan/mengcopy/mengedit foto-foto yang ada di blog ini dan memanfaatkannya untuk keperluan komersial/umum tanpa ijin tertulis dari saya. Jika ingin mengcopy-paste isi maupun foto yang ada di blog ini untuk keperluan pribadi, diharapkan menyebutkan sumber dan link asal.

"JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal." (Sumber: JACP. http://anotherfool.wordpress.com/jacp/ )


Wednesday, June 15, 2011

KUE PUKIS MINI

 
Kue pukis.... waktu aku masih kecil, aku ingat sering diajak pergi ke Purwokerto oleh ortuku. Kadang kalau pulangnya sampai agak malam, biasanya pulangnya kami membeli pukis. Yang jualan mas-mas pinggir jalan pakai gerobak di pinggir jalan.
Kue pukisnya agak lain daripada yang lain pada waktu itu, karena ada isian coklat, pisang, keju, dan kismis kalau nggak salah.... Kalau sekarang sih banyak ya, yang diberi isian ini dan itu, kalau jaman dulu langka tuh.... Kue pukisnya juga lembut, aku ingat banget... wangi....
Sekarang malah aku nggak terlalu suka lagi makan kue pukis, entah kenapa... mungkin sudah kebanyakan waktu kecil hehehe.....

Tapi lihat resep kue pukis cukup penasaran juga membuatnya... ada banyak resep juga, aku pilih salah satu yang kelihatannya enak.
Berhubung nggak punya cetakan kue pukis seperti yang biasanya untuk jualan, aku menggunakan mini snack maker (belakangan akan aku posting terpisah di bagian alat-alat baking).
Jadinya cukup enak juga ternyata, cuma karena males ribet jadi nggak aku isi apa-apa. Kapan-kapan kalau ada waktu mau bikin lagi, nanti di bagian tengahnya, adonannya diberi pasta coklat supaya lebih cantik hehehe....

Ini dia resep yang aku pakai:

PUKIS
Sumber: Sedap Pemula ed. 33

Bahan :
2 btr telur
60 gr gula pasir
100 gr terigu protein sedang
1/2 sdt ragi instan
125 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/4 sdt garam
1 sdm margarin, lelehkan
margarin utk olesan
meises dan keju untuk taburan (selera, bisa diganti dg yg lain, kismis, korned, dll)

Cara membuat :
- Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang.
- Tambahkan terigu dan ragi instan sambil diayak dan diaduk rata.
- Masukkan santan dan garam. Uleni sampai rata. Diamkan 20 mnt.Tambahkan margarin leleh, aduk rata.
- Panaskan cetakan pukis yg dioles margarin.
- Tuang adonan, tutup.
- Biarkan sampai setengah matang. Taburkan bahan isi. Biarkan sampai matang dengan ditutup.
Untuk resep di atas jadinya sudah cukup banyak kok.... kalau untuk sekali makan 3-4 orang, cukup lah... hehehe....
Setidaknya mengenang kembali makanan tradisional masa kecil dulu.....
Yuk kita bikin... ^_^

4 comments:

  1. ini bntuk cetakannya gmn ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti wajan teflon dengan lubang-lubang...

      Delete
  2. aduh... kok persis masa kecilku, doyannya pukis abang2, dulu paling doyan pukis abang2 yg jualan di pasar "pekih" purwokerto (dekat alun2).. hehehehehe.... btw, pukis yg isinya macem2 itu masih ada loh di purwokerto.... dan menurut aku rasanya masih enak ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha sudah lama sekali nggak ke Purwokerto, jadi sudah lama nggak beli pukis di sana.... ntar deh kalau mudik disempatkan mampir ke Purwokerto dan membeli lagi pukisnya demi sebuah kenangan hehehehe....

      Delete