BLOG ini adalah karya pribadi saya. Karena itu mohon untuk TIDAK menggunakan/mengcopy/mengedit foto-foto yang ada di blog ini dan memanfaatkannya untuk keperluan komersial/umum tanpa ijin tertulis dari saya. Jika ingin mengcopy-paste isi maupun foto yang ada di blog ini untuk keperluan pribadi, diharapkan menyebutkan sumber dan link asal.

"JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal." (Sumber: JACP. http://anotherfool.wordpress.com/jacp/ )


Monday, June 20, 2011

SACHER TORTE

Sacher Torte, namanya baru aku kenal setelah ikutan di milis NCC.
Ternyata, cake ini adalah cake coklat ciptaan Franz Sacher pada tahun 1832 untuk Klemens Wenzel von Metternich di Vienna, Austria. Cake ini merupakan salah satu menu spesial yang paling terkenal di Vienna saat ini. Aslinya hanya dibuat di Vienna dan Salzburg, dan dikirimkan dari kedua tempat tersebut. Satu-satunya tempat di mana Sacher Torte yang asli di luar Austria hanya di toko Sacher di Bolzano/Bozen, Italia.

Nah, kita-kita yang mungkin nggak akan sampai ke Austria, coba bikin sendiri saja versi tiruannya yak.... hehehehe....
Ada beberapa resep yang beredar juga, aku baru mencoba resepnya ibu Fatmah Bahalwan.
Resep ini kubuat pada hari ultahku tahun 2010 lalu. Waktu itu ada papi dan mamiku juga, dan komentar mamiku enak banget cakenya, lain daripada yang lain yang pernah beliau cicipi....
Cuma berhubung yang makan keluarga sendiri, seperti biasanya, males.com untuk menghias yang cantik, karena itu maaf jika penampilannya ala kadarnya banget...
Tapi soal rasa, jangan ditanya, memang enak kok.... Cakenya lembut dan moist.... dengan rasa coklat yang mantap.... ^_^

Ini dia resepnya:

SACHER TORTE
Fatmah Bahalwan
Bahan A:
160 gr  mentega/margarine
160 gr  gula kastor
8 btr     kuning telur
1 sdt     vanilli extrak
160 gr  dark cooking chocolate, lelehkan
150 gr  tepung terigu protein sedang

Bahan B:
8 btr     putih telur
150 gr  gula kastor

Chocolate Ganache:
350 ml  whipped krim
350 gr  Dark cooking chocolate, cincang.

250 gr  selai apricot, panaskan (ini nggak aku pakai karena nggak punya)

Cara membuat :
- Bahan A: kocok mentega hingga lembut, masukkan gula kastor secara bertahap sambil tetap dikocok hingga mengembang dan pucat. Masukkan kuning telur kocok hingga rata, masukkan coklat leleh, aduk rata.
- Bahan B: kocok putih telur hingga naik, masukkan gula kastor sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok hingga gula habis dan putih telur kaku.
- Masukkan bergantian, tepung terigu kedalam adonan mentega dan putih telur kocok, sambil diaduk rata.
- Tuang kedalam 3 loyang bulat, garis tengah 22cm, tinggi 4 cm. oven hingga matang.
- Chocolate Ganache : Panaskan whipped krim, angkat, masukkan DCC, aduk hingga meleleh semua, dinginkan.
Penyelesaian :
- Letakkan satu lembar cake diatas alas, olesi dengan selai apricot,lalu tumpuk diatasnya satu lembar lagi, olesi dengan coklat ganache,
- Tumpuk lagi diatasnya satu lembar cake terakhir. Rapikan, masukkan kedalam kulkas. Letakkan cake diatas kawat yg ditaruh diatas baskom atau loyang, siram dengan sisa chocolate ganache. Rapikan. Dingin kan.
Aku pribadi, cakenya hanya dijadikan 2 loyang saja, lalu diberi filling ganache juga, dan dicover ganache. Rasanya tetap enak enak enak.....hihihihi....
Nggak usah nunggu ada yang ultah, yuk dicoba membuatnya..... ^_^

No comments:

Post a Comment